Sunday, November 16, 2008

Tuhan dalam lukisan: God in Painting


Perupa Ikay Khairudin berusaha mencari yang asali di antara yang artifisal, bersikukuh menangkap esensi di tengah campur-baur multikultur, dan bertahan dalam ketenangan ketika laku peradaban kian agresif.

Pembawaan Ikay tampak low profile. Ia bukan dari kategori seniman yang suka meledak-ledak. Caranya menerangkan karya ketika saya tanyai ini atau itu, nampak tenang namun kukuh dalam kepercayaan diri. Anak Bandung kelahiran Jakarta 1980 ini, bisa diibaratkan seperti arus air yang lamban di permukaan, namun menderas di dasar. Menghanyutkan. Maut!


Karakteristik Ikay itu, dapat diresapi pada karya-karya lukisnya yang nonfiguratif, yang dipemerankan secara tunggal di Bale Seni Kamandalu Resort and Spa, Ubud, Bali, pada 17 Oktober – 8 November 2008. Dikemas dalam tema Cutting, pameran tunggal Ikay yang ditaja oleh Tangkas Gallery itu, dikuratori oleh Arif Bagus Prasetyo. Ini adalah pameran tunggal ketiga Ikay. Tahun 2005 Ikay menggelar pameran tunggal perdana dengan juluk Psikoteror.

Ikay, sebagaimana juga kita yang mengisi masa kini, adalah manusia yang sedang berhadap-hadapan dengan perubahan deras nan liar, yang telah membuat manusia makin merasa asing dan sunyi, hampa dan tandus, kesepian dan teralienasi dari keakraban, kehangatan, kekeluargaan. Kita sedang tercerabut dari tatanan terdahulu yang terasa tentram dan adem-adem saja. Ada segelintir orang yang berusaha tidak tercerabut keseluruhannya oleh perubahan. Ikay adalah salah seorang yang sedang berusaha itu.



Upayanya itu, pada mulanya, didedahkan melalui penumpahan cat dengan teknik rembesan yang menitis alamiah mengikuti gravitasi bumi, mencerminkan seorang yang sedang mengalir mengikuti arah perubahan.

Namun pada beberapa bagian, Ikay menggunakan pisau palet untuk mengerok cat yang sudah ditumpahkannya, hingga terbentuklah bidang-bidang kubistik dengan gradasi warna yang tak beraturan, juga irisan-irisan yang tercipta tanpa disengaja. Saya menduga, teknik besutan pisau palet seperti itu, merupakan refleksi seorang yang tiba-tiba tersadarkan betapa ia telah cukup hanyut mengikuti perubahan. Dan ia diingatkan, jangan merembes terus mengikuti perubahan. Berhentilah sejenak. Stakato.

Kemudian dipertegas, hasil ekpresinya dengan teknik rembesan dan besutan pisau palet itu, yang membentuk gambaran tidak beraturan, tidak karuan, di-block- lagi pada beberapa bagian, atau dihapus kembali dengan menggunakan satu warna cat. Kebanyakan cat warna putih yang dipilih Ikay untuk menge-block hasil ekspresinya. Tapi ada juga warna ungu, krem, atau biru langit muda yang dipilihnya.

Mengapa Ikay harus menge-block kembali hasil ekspresinya, bahkan diantaranya diulang-ulang hingga 9 kali? Mengapa pula harus 9 kali?

Saya menduga, telah terbit fajar kesadaran spriritual dalam diri Ikay. Setelah mengalir mengikuti arus perubahan, Ikay merasakan adanya laku dan karakter baru yang terbentuk akibat bergaul dengan perubahan. Karakter baru itu, dirasa kurang mewakili perasaannya yang paling kanan, paling murni sebagai manusia. Karena itu, harus di-block kembali dengan warna elementer yang tunggal, yang kebanyakan menggunakan warna putih, di mana putih diyakini mewakili kesucian.


Lukisan Ikay mengingatkan saya pada pernyataan tulus seorang Napoleon Bonaparte menjelang akhir hayatnya. Napoleon berujar, di atas segalanya pastilah ada sesuatu yang agung, dan yang agung itu pasti hanya satu. Lebih dari satu, tidak lagi agung.

Sesuatu yang agung pastilah yang hakiki, yang esensi, yang asali. Sesuatu yang agung akan tampil melebihi tataran yang profan, akan terasa melampaui wujud yang material, bahkan melintasi batas yang maya. Sesuatu yang agung tidak cukup dijelaskan dengan kata. Karena itu, para seniman berusaha menggubah tamsil untuk menjelas-tegaskan keagungan kepada publik.

Berabad-abad para seniman berusaha menangkap dan mendokumentasika citra imajis dan pesan magis dari yang disampaikan oleh sesuatu yang agung itu. Apa yang disodorkan oleh keagungan, pastilah memukau. Keagungan itu sendiri, sudah merupakan pukauan. Kali ini, pada pameran tunggal yang ketiga, Ikay tampil dengan pukauan. | doddi@jurnas.com dan wening@jurnas.com



==============================
Visual artist Ikay Khairudin attempts to find the authentic among the artificial, persists in capturing essence amid multicultural melange and maintains serenity while civilization is increasingly aggressive.



Ikay seems to be of a low profile personality. He does not belong to the kind of artists of an explosive behavior. The way he explained his work when I asked him about this and that was rather calm, but self-confident. This young man from Bandung, who was born in Jakarta in 1980 can be depicted as a stream which is slow at the surface, but with a rapid undercurrent. Carrying us away. Deadly!

This character of Ikay is perceivable in his non-figurative works presented in his solo-exhibition at Bale Seni Kamandalu Resort and Spa, Ubud, Bali from 17th October to 8th November 2008. Under the title Cutting, the solo exhibition sponsored by Tangkas Gallery is curated by Arif Bagus Prasetyo. This is Ikay's third solo-exhibition. His first was in 2005, entitled "Psikoteror".

Ikay, like each of all of us today people, is facing rapid and unleashed change, which has made humans feel isolated and lonely, void and barren without any warmth or friendliness, alienated from familial association. We are right now being uprooted from a previous order that was peaceful. A handful of people try not to be entirely uprooted by change, and Ikay is one of them.

This effort is manifested, in the beginning, by pouring paint and letting it drip and trickle down naturally, in accordance with the earth's gravitation, reflecting someone who is going with the flow of change.

But at some places, Ikay uses the palette knife to scrape off the paint he has poured, shaping cubistic parts with random color gradation as well as accidental sections. I assume that this palette knife technique reflects someone who suddenly realizes how he has been quite much carried away by change. And something reminds him not to always just go with the flow of permeating change. Stop a moment. Staccato.

The result of the pouring and dripping and cutting technique, which is a chaotic image, is then covered at some parts, or wiped out, by certain single colors, predominantly white. Although Ikay also uses purple, beige, or light blue.

Why does Ikay have to cover some parts of his expression, and in some cases even to repeat the covering nine times? And why does it have to be nine times?

I think spiritual consciousness has dawned in Ikay. After going with the flow he realizes the emergence of a new character and attitude resulting from his exposure to change. He senses that the new character doesn’t appropriately represent his most noble and pristine human feelings. This renders the washing with single elementary colors necessary; and white is applied in most cases since it is regarded as representing the holy.

Ikays paintings remind me of the confession of a Napoleon Bonaparte before his death. Napoleon said, that above all there must be something sublime, and the sublime can only be one. If there is more than one, they cease to be sublime.

Something sublime must be essential and authentic. Something sublime present itself beyond the profane, it has the sense of transcending the material, and even going beyond the illusory and virtual. The sublime cannot be described with words alone. Therefore, artists engage in composing metaphors to illustrate and elucidate the sublime to the public.

For centuries artists have been making efforts to capture and document images and magical messages of the sublime. Whatever the sublime offers must be fascinating. The sublime itself is fascination. This time, in his third solo exhibition, Ikay presents himself with fascination. | doddi@jurnas.com dan wening@jurnas.com


Translated by Landung Simatupang
Naskah asli dipublikasikan Majalah Arti edisi 10, masa edar November - Desember 2008

12 comments:

  1. Located near Statesville North Carolina in the town of Hiddenite, which is named after the gem found at the mine.
    The more vulnerable the global economy looks, the greater the demand for gold and
    silver. We design and manufacture the full range of conveyor components used in
    materials handling equipment, whether for new systems or replacement
    parts to any existing equipment.

    Visit my web page; mining

    ReplyDelete
  2. The city of Danbury's metro options into NYC, give anyone in New Milford, Newtown, Bethel, New Fairfield and Sherman options for travelling south. If a hairline crack in concrete has turned into a large crack, it will need to be cleaned out before the patching and repairing process. Say we are laying out a simple home 30' x 45'; if the last dimension was forty feet instead of forty-five then the cross corner measurement would be fifty feet.

    ReplyDelete
  3. Its not surprising that people might become depressed during stressful times – such as going through a divorce, caring for a sick relative
    or financial problems. Andrews allegedly sold apartments of
    for a non-existent Turkish Mediterranean resort
    in partnership with his brother Nigel and sister-in-law Margaret.
    At the end of the meeting it was announced that he was to enroll in a dental
    college. They began their musical association in Nashville, TN
    in 1971, performing in local clubs. The doctor will ask about symptoms of metabolic disorders such as fatigue, headaches,
    cramping, mood changes, shortness of breath, and chronic diarrhea.



    Check out my website Epigonus

    ReplyDelete
  4. One should apply minimal pressure to lift these concrete grinders and also
    hold it in flat motion while working. Polished
    concrete floors come in different colours and types to suit the different decorative
    and functional requirements of domestic or commercial customers.
    Flawless Flooring's polished concrete floor product boasts durability and decorative seamless surfaces made mainly from epoxy and polyurethane materials.

    ReplyDelete
  5. Apply 2 to 3 inches of mulch over the plants root system once all foliage is removed and discarded.
    Wear disposable gloves to keep from directly touching feces.
    Sure, you had your occasional exception that stupidly borrowed from
    the local loan shark, but most learned to live on less.



    Also visit my blog :: mulching

    ReplyDelete
  6. The DE particles act to puncture the exoskeletons of most insects,
    mites, fleas, ticks, etcetera, causing them to die by dehydration.
    Use the cultivator to make holes in the soil and turn it up just a little between
    the rows. In some cases, the quantity of materials for making compost in
    the amounts desired (an annual layer 2 inches deep across the garden) cannot be obtained.


    Here is my web blog :: searching

    ReplyDelete
  7. Use a cheesecloth to strain the puree and then pour it into an airtight
    container. As well as in this article I am going to explain why and
    how to use it to cultivate hair - According to dermatologist Marianne ODonoghue its
    the most proven supplement for growing a prolonged mane.
    Almost from the time of our grandparents and other ancestors,
    the advantages of using olive oil are known to all. The remaining oil in the scalp for a day and then follow up with
    a shampoo the next morning. Basil and bergamot help your hair grow thicker and fuller.


    Here is my web-site ... olive oil for hair

    ReplyDelete
  8. Deciding to buy online can result in a huge cost savings while providing you
    the best options for your hair care needs today. As natural products don't have any side-effects, you can rest assured for healthy hair. It is designed for professionals so you know you're
    getting top performance.

    Here is my web site hair products

    ReplyDelete
  9. Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti, seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan banyak negara, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya segera ingin menggunakan media ini untuk seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman internet. Sangat hati-hati - Hati-hati jangan sampai jatuh ke tangan scammer dan penipu, ada banyak kreditor kredit palsu di sini di internet dan beberapa di usaha asli dan nyata,

    Saya ingin memberikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH menuntun saya ke pemberi pinjaman nyata dan dana pinjaman nyata telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya dibodohi oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit online asli yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapat Pinjaman online, kami meresmikan masalah ini dan dia menceritakan kisah tentang seorang wanita bernama Ny. ELINA JOHNSON yang adalah CEO ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN.

    Jadi saya dan suami saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp 1.000.000.000) dengan suku bunga rendah 2%, tidak mengurus usia saya, karena saya mengatakan apa yang ingin saya bangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tidak ada stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang saya setorkan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com

    Itu tidak berakhir di sana ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda tentang cara berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut dalam hidup Anda lagi.
    Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu saya melakukan ini saya berdoa semoga ALLAH memberkatinya untuk hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com ..

    ReplyDelete
  10. Halo
    orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga negara INDONESIA tetapi saya tinggal di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya menuntun saya pada pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ny. Nurliana Novi, pemberi pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN, setelah saya scammed oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus percaya, kemudian dia datang dan tersenyum lebar di wajah saya dalam kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya telah melihatnya dan saya bagian dari pengalaman, hari ini hidupku mendapat giliran baru terima kasih kepada ibu Elina, ya kamu mungkin takut karena kesaksian palsu yang kamu dengar tapi aku saksi dan jika aku berbohong mungkin ALLAH mengambil nyawaku, orang-orangku di sana jika kamu mau pinjaman murni dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percayai,

    Nyonya Elina Johnson dari SEMUA PINJAMAN SEMUA GRANT ELINA JOHNSON hanya menghubunginya hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »atau WHATAPP ON (+2348147739239) untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut ; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara mengajukan pinjaman dari Mrs. Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH dipuji.

    ReplyDelete
  11. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete
  12. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete

tulisan yang nyambung