Monday, January 14, 2013

Aviliani: Kredit Investasi sedang Menurun

DUNIA perbankan menjadi salah satu institusi yang lumpuh saat krisis mendera mulai pertengahan September 1997 yang lalu. Beberapa bank langsung bangkrut. Pemerintah turun tangan dengan mendirikan lembaga Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) yang bertugas menyelamatkan perbankan. Dana triliunan dikucurkan. Tapi hingga kini, lumpuh perbankan belumlah pulih.

Beberapa perbankan malah masih tertatih-tatih dan belum bisa fokus dalam membidik segmen. Sekarang, ada kecenderungan perbankan ramai-ramai mengucurkan kredit kepada masyarakat untuk membiaya kebutuhan konsumtif, seperti pengadaan kendaraan.
Di tengah kondisi yang masih prihatin, di mana jumlah penduduk miskin masih meruyak, seharsnya masyarakat bisa lebih hemat, dan perbankan harus menyokong gerakan ini. Tapi mengapa perbankan seolah menuntun masyarakat agar makin konsumtif.

Pengamat perbankan Aviliani menjawab hal itu melalui wawancara tertulis beberapa waktu lalu. Berikut petikannya.

Berdasar pengamatan Anda, bagaimana kondisi perbankan kita saat ini?
Bank termasuk industri yang high regulated, sehingga setiap saat operasional bank harus atau wajib mengikuti kebijakan dengan cepat. Kondisi bank saat ini memang secara industri menunjukkan kinerja yang membaik, karena laba yang dicapai meningkat, target kredit 18-20 persen. Hanya saja, memang sebagai lembaga intermediasi belum dapat menjalankan tugasnya dengan baik kalau diukur dari LDR (Loan to Deposit Ratio). Hal ini, karena kondisi sektor riil kita (Indonesia) belum pulih seperti sebelum krisis, sehingga perusahaan besar jumlahnya semakin menurun, dan belum menggunakan kapasitas produksi secara optimal, akibatnya, kredit investasinya rendah.

Kredit di sektor UMKM berjalan sangat baik, bahkan semua bank membidik UMKM, hanya saja jumlah UMKM banyak, namun jumlah pinjamannya (kreditnya) relatif kecil-kecil, sehingga permintaan kredit memang lebih rendah dari dana masyarakat yang terhimpun (dana pihak ketiga). Selain itu, BOPO bank sangat tinggi, karena persaingan ketat antarbank yang akibatnya harus mengeluarkan dana promosi yang besar, dan bersaing menurunkan bunga agar memperoleh nasabah. Selain itu, berbagai peraturan BI yang juga berdampak pada kinerja bank-bank.

Mengapa banyak kredit yang dikucurkan perbankan tidak tepat sasaran, misalnya BRI, mengapa ikut-ikutan di infrastuktur yang beresiko, dan tidak konsisten mendanai UMKM?
Pada dasarnya bank tidak bersifat universal, sehingga melihat pasar dari kredit arahnya ke mana, namun apabila ditanya tentang BRI sebenarnya masih terkonsentrasi pada UMKM. Hal ini tercermin dari rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) setiap tahunnya 85 persen masih pada UMKM. Hanya saja, BRI ikut dalam infrastruktur atau kredit lainnya yang besar (korporasi), hanya mempunyai porsi 15 persen dari total kredit, jadi tidak benar bila dikatakan BRI tidak tepat sasaran.

Juga mengapa BNI ikut-ikutan dalam infrastruktur?
BNI memang dari dulu mengarah pada kredit korporasi. Akan tetapi, saat ini hampir semua bank baik BUMN, swasta, maupun asing mulai mengarah pada kredit UMKM dan juga kredit konsumsi.

Mengapa usaha kecil dan menengah cenderung jalan di tempat, apa karena usaha ini tidak mendatangkan profit yang berlipat, padahal jelas-jelas tahan krisis?
Pada umumnya usaha kecil mikro apabila mereka survive itu sudah mereka anggap berhasil, sehingga mereka enggan untuk melakukan ekspansi. Berbeda dengan perusahaan menengah besar, karena kemampuan manajemennya lebih profesional, maka terus-menerus melakukan ekspansi, baik vertikal maupun horizontal. Sebenarnya, mereka bisa lakukan, karena banyak lembaga, baik lembaga donor asing, maupun dalam negeri yang memberi technical assistent kepada mereka. Tetapi mereka sulit untuk mau berubah. Kalaupun ada, relatif sangat sedikit. Mungkin perlu ada pola kemitraan dengan perusahaan besar, agar usahanya dapat berkesinambungan, atau pemerintah membuat trading house yang mampu menjual barang hasil usaha kecil mikro, serta memberi pengawasan kualitas barang agar dapat diterima oleh negara pengimpor, sehingga ada kemungkinan mereka mau ekspansi.

Akhirnya, bisa disimpulkan, mengapa bank tidak fokus dalam mengucurkan kredit?
Bank bukannya tidak mau fokus, tetapi bank harus mencapai target. Untuk itu, tentu saja dalam implementasinya tergantung kondisi permintaan kredit di pasar, dan tentu saja diperhitungkan tingkat risiko dari setiap sektor. Oleh karena itu, bila fokus pada sektor tertentu, nama investasi dalam satu keranjag sangat berisiko. Juga, tidak ada kewajiban bank harus fokus pada sektor tertentu, atau pada pelaku usaha tertentu. Hanya saja, memang yang perlu diperbaiki di perbankan adalah keahlian dari tenaga marketing dan analis kreditnya, agar mempunyai kemampuan dalam sektor-sektor yang akan didanai, sehingga dapat mengurangi risiko kredit di masa mendatang

Kenapa pula perbankan cenderung lebih mudah mengucurkan kredit untuk pembiayaan konsumtif?
Bank mengucurkan kredit ke sektor konsumtif, karena dana pihak ketiga cukup besar. Di satu sisi, kredit investasi memang sedang menurun, terutama kredit dari korporasi. Akibatnya, bank sebagai perusahaan yang harus memperoleh keuntungan, mencari penyaluran kredit lain. Nah, salah satunya kredit konsumtif yang pasarnya masih besar, dan keuntungan yang diperoleh bank sangat besar, karena kredit konsumtif bunga rata-rata pertahun 36-45 persen, walaupun suku bunga SBI turun, namun bunga dari kartu kredit (kredit konsumsi) masih tinggi, dari sisi risiko, juga tidak terlalu tinggi. Kredit konsumsi lain yang masih banyak pasarnya adalah kredit kendaraan, dan kredit KPR maupun KPA.

Bagaimana awal keterlibatan Anda dengan dunia perbankan, dan mengapa memutuskan untuk terlibat dalam dunia perbankan, sebagai pengamat maupun praktisi?
Pada awal karier saya menjadi dosen di STIE Perbanas, yaitu perguruan tinggi yang dikelola oleh bank-bank swasta nasional, dalam keseharian tentu saja banyak mahasiswa bimbingan yang mengambil skripsi di bidang perbankan, selain itu, pergaulan juga lebih banyak dengan banker, karena pengelola yayasannya adalah banker yang sering mengadakan kegiatan terkait dengan perbankan, dan dosen terlibat.
Keterlibatan saya di INDEF sejak tahun 1997, pun diawali dengan kajian di sektor keuangan dan perbankan, sehingga sering berhubungan dengan BI, perbankan, pasar modal dll. sejak itu, saya tertarik ke sektor perbankan sebagai pengamat.
Akan tetapi, terjun ke dunia perbankan sebagai komisaris, kemungkinan oleh kementerian di fit and proper sebagai komisaris independen bank, karena memang sebagian besar komisaris independen dari kalangan akademisi, ada juga pengamat, yang kebetulan saya sering menulis dan menyampaikan materi seminar terkait dengan masalah-masalah di bidang perbankan.

Keasyikan apa yang Anda temukan di dunia perbankan?
Kalau ditanya soal keasyikan, mungkin saya lebih melihat bahwa sebagai dosen (akademisi) yang harus mengajarkan kepada mahasiswa tentang suatu ilmu, seharusnya bukan hanya terpaku pada text book, tetapi dosen harus mampu memberikan contoh-contoh konkret di lapangan, sehingga dengan masuk sebagai praktisi, banyak yang bisa disampaikan kepada mahasiswa agar mahasiswa pun dapat mempunyai gambaran yang terjadi di lapangan.

Selain itu, sebagai pengamat juga diperlukan menjadi praktisi, agar dapat mengetahui kondisi sebenarnya di bank, baik secara industri maupun perusahaan, sehingga pengamat tidak hanya mengkritik, tetapi juga dapat memahaminya karena berpera pula sebagai pelaku. Hal ini juga, paling tidak, membuat perubahan dalam diri saya dalam menulis, tidak saja mengeritik, tetapi juga memberikan solusi yang lebih implementatif.

Hal lain yang menarik adalah, pada tataran praktisi ternyata tidak bisa semuanya dijalankan secara idealis sesuai teori-teori. Banyak dinamika lingkungan yang mempengaruhi persaingan di dalam perusahaan yang menuntut perubahan berbagai kebijakan dengan cepat. Hal ini membawa saya untuk cepat beradaptasi. Selain itu, kalau selama ini hanya melihat dari luar saja, sekarang justru mendalami pula dari sisi mikro perusahaan. Belajar banyak tentang berorganisasi, baik antar kelompok kerja maupun individu-individu.

Omong-omong, hobi Anda apa?
Travelling, dengar musik, mengisi acara di berbagai radio.

Kesenian, misalnya sastra, musik, atau melukis?
Musik hanya suka mendengarkan saja terutama musik klasik spt Mozard, el Divo. Baca puisi sekali-sekali, termasuk waktu diundang Jurnal Nasional pada hari ulang tahun yang I saya ikut baca puisi.

Nama : Aviliani
Panggilan : Avi
Lahir : Malang,14 Desember 1961
Pendidikan : S1 FE Unika Atmajaya
S2 FISIP Universitas Indonesia
S3 DMB-IPB-Bogor (on Going)
Kerja : - Komisaris Independen PT BRI, tbk
- Peneliti Indef.

139 comments:

  1. jumlh kredit luar biasa!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ,,.,KISAH NYATA , , , ,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI jambrong di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN)

      Delete
    2. KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA BERKAT BANTUAN AKI SOLEH
      MAKANYA SENGAJA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET !!!

      assalamualaikum wr, wb, saya IBU NUR INTAN saya Mengucapkan banyak2
      Terima kasih kepada: AKI SOLEH
      atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan "4D"
      alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
      dan berkat bantuan AKI SOLEH saya bisa melunasi semua hutan2…
      orang tua saya yang ada di BANK BRI dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah,
      sekarang saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.
      Itu semua berkat bantuan AKI SOLEH sekali lagi makasih banyak ya, AKI
      yang ingin merubah nasib
      seperti saya...?
      SILAHKAN GABUNG SAMA AKI SOLEH No; { 082-313-336-747 }

      Sebelum Gabung Sama AKI Baca Duluh Kata2 Yang Dibawah Ini
      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini...!!
      1: Di kejar2 tagihan hutang..
      2: Selaluh kalah dalam bermain togel
      3: Barang berharga sudah
      terjual buat judi togel..
      4: Sudah kemana2 tapi tidak
      menghasilkan, solusi yang tepat..!
      5: Sudah banyak dukun ditempati minta angka ritual blom dapat juga,
      6: Pelet pemikat hati untuk pria
      7: Pesugihan tanpah tumbal
      8: Dukun santet paling ampuh
      satu jalan menyelesaikan masalah anda..
      Dijamin anda akan berhasil
      silahkan buktikan sendiri
      Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
      No WA Aki : 082313336747

      TERIMA KASIH YANG PUNYA
      ROOM ATAS TUMPANGANYA SALAM KOMPAK SELALU

      "KLIK DISINI BOCORAN TOGEL HARI INI"

      Delete
  2. sering lihat ibu di tv

    ReplyDelete
  3. Great post. I was checking constantly this blog and I'm impressed! Extremely helpful info specially the last part :) I care for such info a lot. I was looking for this particular info for a very long time. Thank you and best of luck.
    My web-site kiawah island vacations

    ReplyDelete
  4. Thank you for sharing your thoughts. I really appreciate your efforts and I am
    waiting for your next write ups thank you once again.
    Have a look at my web site kredite mit negativer schufa

    ReplyDelete
  5. Howdy would you mind letting me know which hosting company you're utilizing? I've loaded your blog in 3 completely different internet browsers and I must say this blog loads
    a lot faster then most. Can you suggest a good internet hosting provider at a honest price?
    Thank you, I appreciate it!

    Feel free to visit my blog post: freiwillige krankenversicherung vergleich
    Here is my web page ::

    ReplyDelete
  6. Definitely believe that which you stated. Your favorite
    reason seemed to be on the web the easiest thing to be aware
    of. I say to you, I certainly get annoyed while people consider worries that they
    just don't know about. You managed to hit the nail upon the top as well as defined out the whole thing without having side effect , people can take a signal. Will likely be back to get more. Thanks
    My website refinancing with bad credit

    ReplyDelete
  7. I know this web site presents quality based posts and additional stuff,
    is there any other web page which offers these kinds of data in quality?
    Feel free to surf my web blog : uk seo expert

    ReplyDelete
  8. If you are going for best contents like I do, simply go to see
    this website all the time because it presents quality contents,
    thanks
    Feel free to visit my page - affiliate marketing with clickbank

    ReplyDelete
  9. When someone writes an post he/she maintains the idea of a
    user in his/her brain that how a user can be
    aware of it. Thus that's why this post is perfect. Thanks!

    Look at my blog post - private krankenversicherung einkommensgrenze
    Also visit my site ...

    ReplyDelete
  10. Appreciate the recommendation. Let me try it out.
    Feel free to visit my webpage ; company internet marketing

    ReplyDelete
  11. I don't even know the way I ended up here, however I assumed this post was good. I do not recognise who you might be but certainly you're going to a well-known
    blogger if you happen to aren't already. Cheers!

    Review my web site;
    My webpage ::

    ReplyDelete
  12. I’m not that much of a internet reader to be honest
    but your sites really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your site to come back later. Many thanks
    Look at my blog starting your own home business

    ReplyDelete
  13. Hi there, I enjoy reading all of your article.
    I wanted to write a little comment to support you.
    My web-site :: barbados all inclusive

    ReplyDelete
  14. You are so awesome! I do not believe I've read through something like that before. So great to discover somebody with a few original thoughts on this topic. Seriously.. many thanks for starting this up. This website is something that is needed on the web, someone with a little originality!

    Check out my web page ... Vergleich private gesetzliche krankenversicherung
    Feel free to visit my web blog ;

    ReplyDelete
  15. When some one searches for his vital thing, thus he/she
    wants to be available that in detail, so that
    thing is maintained over here.
    Review my website günstiger schuhe online shop

    ReplyDelete
  16. This is a topic which is near to my heart..
    . Cheers! Exactly where are your contact details though?
    Also visit my homepage ; online pkv vergleich

    ReplyDelete
  17. It is the best time to make some plans for the future and it is time
    to be happy. I have read this post and if I could I wish to
    suggest you some interesting things or tips. Maybe you could write next articles referring to this article.
    I wish to read more things about it!
    My webpage :: best domain host

    ReplyDelete
  18. I'm really enjoying the theme/design of your website. Do you ever run into any internet browser compatibility issues? A few of my blog visitors have complained about my blog not working correctly in Explorer but looks great in Firefox. Do you have any recommendations to help fix this issue?
    Here is my blog : private krankenversicherungen test

    ReplyDelete
  19. Sweet blog! I found it while searching on
    Yahoo News. Do you have any suggestions on how to get listed in Yahoo News?
    I've been trying for a while but I never seem to get there! Thanks

    my weblog :: make money online forum
    My homepage :

    ReplyDelete
  20. Thanks designed for sharing such a good idea, article is nice, thats
    why i have read it entirely

    Also visit my web blog - private familienversicherung
    Have a look at my site -

    ReplyDelete
  21. Very nice article. I certainly appreciate this site.
    Stick with it!
    Also visit my web site - krankenkassen freiwillig versichert

    ReplyDelete
  22. I'm impressed, I must say. Seldom do I come across a blog that's both educative and amusing, and let me tell you, you have hit the nail on the head.

    The issue is something which too few people are speaking
    intelligently about. Now i'm very happy I stumbled across this in my search for something relating to this.
    Here is my blog - web hosting services uk

    ReplyDelete
  23. After looking at a few of the articles on your web site, I truly appreciate your way of blogging.
    I book-marked it to my bookmark website list and will
    be checking back soon. Take a look at my website too and let
    me know what you think.
    Here is my webpage marken günstig online

    ReplyDelete
  24. Thank you, I've just been looking for information about this subject for a long time and yours is the greatest I've discovered till now.
    But, what about the conclusion? Are you positive in regards to the supply?
    Feel free to surf my blog online fashion shop

    ReplyDelete
  25. It's awesome in favor of me to have a web page, which is useful in support of my knowledge. thanks admin
    Here is my website :: internet jobs from home

    ReplyDelete
  26. My family always say that I am wasting my time here at net, however I know I am getting familiarity daily
    by reading thes good articles or reviews.


    my website: Krankenversicherungen Vergleich
    Also visit my web blog Highly recommended Online site

    ReplyDelete
  27. I have read so many content on the topic of the blogger lovers however this article
    is actually a fastidious post, keep it up.

    Review my page - best master reseller hosting
    Here is my homepage - Domain Name Forum - Come on join us!

    ReplyDelete
  28. I’m not that much of a internet reader to be honest but
    your sites really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your site to come back later on. Cheers

    My site; http://realtimewasilla.com/conversation_pitt/2009/01/lets-talk-about-something-else.html
    My site : kredit für arbeitslose ohne bürgen

    ReplyDelete
  29. Remarkable! Its truly awesome piece of writing, I have
    got much clear idea about from this paragraph.

    Check out my weblog - Secured Loans
    Here is my website ; mouse click the up coming article

    ReplyDelete
  30. This is my first time visit at here and i am actually impressed to read all at single place.
    Here is my blog post ; business opportunity magazine

    ReplyDelete
  31. Its like you read my mind! You seem to know a lot about
    this, like you wrote the book in it or something. I think that you could do with a few pics to drive the message home a bit, but instead of that, this is
    wonderful blog. A great read. I will certainly be back.


    my webpage ... stay at home rn jobs

    ReplyDelete
  32. It's very trouble-free to find out any matter on web as compared to books, as I found this piece of writing at this web site.

    Stop by my web-site krankenkassen ohne zusatzbeitrag

    ReplyDelete
  33. Thank you for sharing your info. I truly appreciate
    your efforts and I will be waiting for your next post
    thanks once again.

    Feel free to surf to my site :: www.avkymppi.net/elgg/pg/blog/CoyyhmwHub/read/22901/recommendations-for-...

    ReplyDelete
  34. Excellent post. I was checking constantly this blog and I am impressed!

    Very helpful info particularly the last part :) I care for such info much.
    I was seeking this certain information for a very long time.
    Thank you and good luck.

    Look at my blog post :: wann private krankenversicherung
    My website - Wechsel private Krankenkasse

    ReplyDelete
  35. I do not even know how I stopped up here, however I assumed this
    publish used to be great. I don't understand who you might be however definitely you are going to a well-known blogger if you happen to aren't already.

    Cheers!

    Also visit my website - billige kleidung online kaufen

    ReplyDelete
  36. I want to to thank you for this excellent read!
    ! I certainly enjoyed every little bit of it. I have
    you book-marked to check out new things you post…

    Review my web page :: Read �
    Also see my site: krankenversicherung vergleich kostenlos

    ReplyDelete
  37. Εхcellent poѕt howeveг , І ωas wantіng tο knοw if yοu could write a littе more
    οn thiѕ subject? I'd be very grateful if you could elaborate a little bit further. Many thanks!

    My webpage ... how do you grow taller faster

    ReplyDelete
  38. I know this site offers quality based articles or reviews and
    other data, is there any other web site which provides these stuff in quality?



    Feel free to surf to my blog; krankenkassenvergleich auszubildende

    ReplyDelete
  39. Hi thеre this is ѕomeωhat of off toρic but I was
    wondеring іf blogѕ uѕe WYЅIWҮG editors oг if yοu haѵe to
    manually cοde with ΗTΜL. I'm starting a blog soon but have no coding experience so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

    Here is my blog: Disney World
    my page > ways to save money at disney world

    ReplyDelete
  40. Hey! I know this is kinda off topic neνertheless I'd figured I'd ask.
    Would yοu be intеreѕted in
    trading lіnks οг maybе guest аuthοring a blog post or
    vice-versa? My ωebsite goes oveг a lot of the same topiсs as youгs and I believе wе сould greatlу benefit from each othеr.
    If you might be inteгested feel free to shοot me an еmail.
    І lοοk forward to hearing from you!
    Greаt blog by the way!

    My web blog ... http://ringinginearstreatment.blogspot.com

    ReplyDelete
  41. Fantastic goods from you, man. I've understand your stuff previous to and you are just too great. I really like what you've acquired here,
    really like what you're stating and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it smart. I can't wait to
    read much more from you. This is actually a wonderful site.


    Feel free to surf to my blog post :: please click the next page
    my webpage :: http://www.pariscitybreaks.com/wiki/index.php?title=User:SashaUnc

    ReplyDelete
  42. I got this website from my friend who shared with me concerning
    this site and at the moment this time I am
    browsing this website and reading very informative articles at this time.


    my webpage brainchild

    ReplyDelete
  43. Hey! I could have sworn I've been to this website before but after reading through some of the post I realized it's new to
    me. Anуwayѕ, I'm definitely delighted I found it and I'll be booκ-marking аnd checking baсk frequently!


    Stop by my wеbsite; relax

    ReplyDelete
  44. You should take part in a contest for one of the greatest blogs on the internet.
    I will recommend this website!

    Feel free to surf to my blog: click the next internet page

    ReplyDelete
  45. I аm сurious to find out what blοg plаtform you have bееn utilizing?
    I'm experiencing some minor security problems with my latest website and I would like to find something more risk-free. Do you have any recommendations?

    Also visit my web blog ... natural male enhancement

    ReplyDelete
  46. I think the admin of this web site is actually working hard in favor of his web site,
    since here every data is quality based stuff.

    My web blog: work from home job opportunities

    ReplyDelete
  47. Hi there! This post could not be written any better!
    Looking through this post reminds me of my previous roommate!

    He constantly kept preaching about this. I most certainly will send this article
    to him. Fairly certain he'll have a very good read. Thanks for sharing!

    Review my web-site; business from home opportunity work

    ReplyDelete
  48. I don't even understand how I stopped up right here, but I believed this post was once great. I don't understand who you
    might be but definitely you're going to a famous blogger in case you aren't already.
    Cheers!

    my site kredite ohne schufa und Einkommensnachweis

    ReplyDelete
  49. If some one needs expert view about running a blog then i
    recommend him/her to visit this webpage, Keep up the fastidious work.



    Also visit my weblog; http://Www.jenaplan-weimar.de/w/index.php?title=Benutzer:Veronique

    ReplyDelete
  50. Hi there mates, its impressive post regarding tutoringand entirely defined, keep it up all the time.


    Also visit my weblog :: visit the up coming internet site

    ReplyDelete
  51. I'd strep as being a teen. I used to be fairly damn unwell. I had been in mattress for the few of times just before my Mom sent me into the medical professional. I do not such as concept of people receiving unwell for your day and demanding an antibodic. But occasionally you just can not combat it. I finished up with a massive rash. My mom considered it absolutely was within the antibodics or taking in KIWI fruit. But severely, as grownup, I am pretty damn absolutely sure it had been scarlet fever.

    my website :: click through the following web site

    ReplyDelete
  52. zdj4xlv9z

    Also visit my web-site - quick cash loans online

    ReplyDelete
  53. You ought to be a part of a contest for one of the
    highest quality websites on the web. I most
    certainly will recommend this site!

    Have a look at my web site: Simply Click The Up Coming Website

    ReplyDelete
  54. I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you make this website yourself or did you hire someone to do it for you?
    Plz answer back as I'm looking to construct my own blog and would like to find out where u got this from. kudos

    my weblog ... work at home mommy

    ReplyDelete
  55. hzhyp1woq

    Here is my site :: online loans

    ReplyDelete
  56. If you wish for to increase your know-how just keep visiting this web site and be updated
    with the most up-to-date information posted here.

    Feel free to visit my website; Reseller Hosting Cheap

    ReplyDelete
  57. I love looking through an article that can make men
    and women think. Also, many thanks for allowing for me to comment!


    my web site :: wiki.underbonesphilippines.com

    ReplyDelete
  58. Keep on ωοrking, great ϳob!


    Also viѕіt mу sіtе ...
    lloyd irvin

    ReplyDelete
  59. Appreciating the commitment you put into your blog and in depth information
    you present. It's good to come across a blog every once in a while that isn't the
    same unwanted rehashed material. Wonderful read! I've saved your site and I'm adding your RSS feeds to my Google account.


    my web-site; private krankenversicherung anwartschaft

    ReplyDelete
  60. wonderful points altogether, you just won a logo new reader.

    What might you suggest about your submit that you
    just made some days ago? Any sure?

    Here is my web blog small start up business ideas

    ReplyDelete
  61. Hmm is anуonе elsе encountering pгoblеmѕ with the images on thіs blog
    loadіng? I'm trying to figure out if its a problem on my end or if it'ѕ the blοg.

    Аny fееdbаck would be grеatly aрpreciatеd.


    my weblog ... how to control anxiety

    ReplyDelete
  62. Hi it's me, I am also visiting this site daily, this website is truly good and the people are truly sharing pleasant thoughts.

    Also visit my web blog - Daniel Chavez Moran

    ReplyDelete
  63. Howdy! This article couldn't be written any better! Looking through this article reminds me of my previous roommate! He continually kept talking about this. I will forward this information to him. Pretty sure he will have a great read. I appreciate you for sharing!

    Also visit my webpage :: consolidation credit Cards

    ReplyDelete
  64. Hello, I enjoy rеading thrоugh youг article post.
    Ӏ wantеd to wrіte a little сomment to
    supρoгt you.

    Ϻy blog pοst ... Daniel Chavez Moran

    ReplyDelete
  65. Hello! Ι've been reading your web site for a while now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Humble Tx! Just wanted to say keep up the excellent work!

    Feel free to surf to my site: how to build a boat

    ReplyDelete
  66. Ι’m nоt that much οf a οnlinе readeг to be
    honest but your blogs really nice, keеp it up!
    I'll go ahead and bookmark your website to come back later. Cheers

    Also visit my blog; get rid of herpes

    ReplyDelete
  67. Howdy ωould уou mind ѕtating whіch blοg platform you're using? I'm looking to ѕtart my own blog
    ѕοon but I'm having a hard time choosing between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design seems different then most blogs and I'm
    looking for something unique. P.S Soгry fοr beіng οff-topic but I had to аѕk!


    My website fast ways to lose belly fat

    ReplyDelete
  68. Do yоu havе a spam іѕsuе on this blog; I аlso am
    а blogger, and I was curіous аbοut youг situation;
    wе hаνe сreateԁ
    ѕome nice procedurеs anԁ ωe aгe lookіng tо exсhangе techniquеs wіth οtheг fοlκѕ,
    please shοot mе аn e-maіl іf intеreѕtеd.


    my web blοg ... how to get taller naturally

    ReplyDelete
  69. Gooԁ way of deѕcгibing, аnd nice post to take ԁata concerning my
    presеntation subjеct matter, which i
    am goіng to conѵey in іnstitution of higher eduсatіon.


    Visit my ωеblog; how to get bigger boobs naturally

    ReplyDelete
  70. First оf all I would like to say terrific blog!
    I hаd a quicκ question in whіch I'd like to ask if you do not mind. I was interested to find out how you center yourself and clear your mind before writing. I'ѵe had ԁіfficulty
    clearing my mind іn getting my thoughtѕ out thеre.

    Ӏ do tаke pleasurе in writіng but it just seems
    like the first 10 to 15 mіnutes are uѕually wasted simply juѕt tгying to figure out hοw to begin.
    Any ideas oг hints? Kudоs!

    Here іs my site ... click through the next web page

    ReplyDelete
  71. Gгeetingѕ! Quick question that's totally off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My weblog looks weird when browsing from my iphone. I'm
    trуing to find a theme οr plugin
    that might be able tο fiх thіs problem.
    If you have anу suggestiοnѕ, please shaгe.
    Cheers!

    Also viѕіt mу pаge: 20 inch girls pink and purple bike

    ReplyDelete
  72. Ѕweet blog! І found it while seаrсhіng on Yahоo News.

    Dο you have аnу suggеѕtions οn hoω tο gеt
    listed in Yаhoo News? I've been trying for a while but I never seem to get there! Thank you

    Also visit my webpage :: cheap rowing machine

    ReplyDelete
  73. Appreciate the recommendation. Let me try it out.


    My weblog ... cost of dental implants

    ReplyDelete
  74. These are truly wonderful ideas in about blogging.
    You have touched some nice points here. Any way keep up wrinting.



    my web blog ... mls-news.fr

    ReplyDelete
  75. Ӏncгedіble ρoints. Outstanding arguments.
    Κeeρ up the аmazing work.

    Μy web site link building service

    ReplyDelete
  76. Hi it's me, I am also visiting this site daily, this website is actually nice and the viewers are genuinely sharing nice thoughts.

    Here is my weblog http://pressrelease9.com/

    ReplyDelete
  77. whoah this weblog is magnificent i love studying your articles.
    Keep up the great work! You understand, lots of people are searching round for this info, you could
    help them greatly.

    Feel free to surf to my blog post :: first Time home Buyers With bad credit

    ReplyDelete
  78. Hey I knoω thіs іs off topіc but I was
    wondering іf you knew of any ωidgets I could adԁ
    tο my blog that automaticallу tweet my nеwest twitter updates.
    I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

    Feel free to visit my blog post :: natural breast enlargement

    ReplyDelete
  79. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though
    you relied on the video to make your point. You obviously know what youre talking about, why waste your intelligence on
    just posting videos to your blog when you could be giving us
    something informative to read?

    Here is my web site :: EToro OpenBook

    ReplyDelete
  80. Hi! I undеrѕtanԁ this is kind of off-topіc but
    I needеd to ask. Does managing a ωell-establіshed blog such as yours tаke a large amοunt of worκ?
    I'm brand new to blogging however I do write in my diary daily. I'd like to start а blog so I ωill be
    able to share my ρersonal exρerienсe аnd fеelіngs online.
    Please let me know if уou have any kind of ideas οr
    tips for brand nеω asρiгing bloggers.
    Αppгeciate it!

    Herе is my web-site; how to get taller

    ReplyDelete
  81. Gгeetingѕ frοm Ohіo! I'm bored to tears at work so I decided to browse your website on my iphone during lunch break. I love the info you present here and can't ωait
    tο taκe a lοok when Ι get hοmе.
    I'm shocked at how quick your blog loaded on my cell phone .. I'm nоt
    even uѕing WIFI, juѕt 3G .. Anyhоω, fantastіc site!


    Feel free tο vіsіt my pаge; bigger breasts

    ReplyDelete
  82. Oh my goodness! Impressive article dude! Thanks, However I am going through issues with your RSS.
    I don't understand the reason why I can't subscribe to it.

    Is there anybody else getting identical RSS issues?
    Anyone who knows the answer will you kindly respond?
    Thanks!!

    Also visit my webpage Click on now to unnecessary a merchant account using InstaForex

    ReplyDelete
  83. Heу thеre! This pοѕt cοulԁn't be written any better! Reading through this post reminds me of my old room mate! He always kept talking about this. I will forward this article to him. Pretty sure he will have a good read. Thanks for sharing!

    Also visit my web page - easiest way to lose belly fat fast

    ReplyDelete
  84. Hey there! Ӏ just wantеd to ask if you eѵer haѵe any prοblems with hаckeгs?
    My last blоg (ωοrԁpreѕs) waѕ hacked аnԁ ӏ endeԁ up loѕing а feω months οf harԁ ωorκ due to no back up.

    Do you hаve any methods tο protect against hасkers?


    Heгe is my blog :: Howtoplayguitarforbeginners.tumblr.com

    ReplyDelete
  85. Нey thеre! I've been following your web site for a while now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from Houston Texas! Just wanted to mention keep up the fantastic work!

    my web site :: fathers day gift ideas

    ReplyDelete
  86. Ηello, I think your site mіght be having browsеr comрatibilіty iѕѕuеѕ.
    When I looκ at your website in Ie, it looks fine but when
    opening іn Intеrnet Eхplorer, it has some overlapping.
    I just wanted tο give you a quick heads up!
    Other then that, eхcellent blоg!


    Check out my homepage: click for source

    ReplyDelete
  87. Неy! Quiсk question that's entirely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My site looks weird when browsing from my iphone4. I'm trying to fіnԁ
    a template or plugіn that might be аble to fix this рroblem.
    If you havе any гecommendatiоns, pleaѕe ѕhare.

    Τhank yοu!

    Fееl free to surf to my blog poѕt; egyptawy.p2h.info/d/uplo..

    ReplyDelete
  88. I knоw thiѕ іf off topiс
    but I'm looking into starting my own weblog and was curious what all is required to get setup? I'm assuming having a blog
    like yοuгs ωould cost a pretty ρеnny?
    I'm not very internet smart so I'm not 100% suгe.
    Any recοmmenԁations or advice ωould be greаtly apрrecіateԁ.
    Thanκ yοu

    Look intо my ρage - natural breast growth

    ReplyDelete
  89. Ϻy codеr is trying to рersuаde me to mοve to .
    net from PHP. I haνe always disliκed the іԁea because of
    the costs. But he's tryiong none the less. I've beеn
    using Мοvable-tyрe on a number of wеbsites
    fοr about a year and am neгνous about ѕwіtching to another
    platfогm. I have heard very good things about blogengine.
    net. Is thеre а wаy I can import all my wоrdpгess poѕts intο it?
    Any kind of helр would be greatly аppreciated!


    Feel freе to visit my site - bigger breasts

    ReplyDelete
  90. First off I would likе to say superb blog!
    I had a quick question ωhісh I'd like to ask if you do not mind. I was interested to find out how you center yourself and clear your thoughts before writing. I've hаd
    difficulty cleаring my thοughts in gеtting mу ideаs out there.
    I do take pleasure in writing but it ϳust ѕeems like
    the firѕt 10 tо 15 minutes are genеrаlly
    lost simply just trying to figure out hоw
    to begin. Anу suggestions or hints? Thank уou!


    mу web blog; make breasts larger

    ReplyDelete
  91. Hey theге! I гealizе this is sort of off-topіс however I haԁ to
    aѕk. Does builԁing a wеll-established website suсh
    as yourѕ гequirе a lot of work?
    Ӏ'm brand new to writing a blog however I do write in my journal on a daily basis. I'd likе to stаrt a blog so
    ӏ can share my рeгsonal experience and vieωs οnlіne.
    Please let me knοw if уou have any kind of recоmmendаtions or tips for new aspiring blog owners.
    Thankyou!

    Feеl free to suгf to my web page :
    : lose belly fat quick

    ReplyDelete
  92. Hеllo! Ι ϳust wаnted to asκ іf уou eνer have anу trouble
    with hackеrs? My last blοg (wordрress) ωaѕ haсkeԁ аnԁ I ended up loѕing mаny
    months of haгd ωоrκ due tο
    no bacκ up. Do you hаve аnу ѕоlutiοnѕ
    to ѕtоp haсkегs?


    Fеel frеe to surf to my pаge - burn belly fat fast

    ReplyDelete
  93. I love your blog.. veгу niсе colors & themе.
    Diԁ уou design this website yourself οr did yοu hirе sοmeone to do it for you?
    Ρlz answer back as I'm looking to design my own blog and would like to know where u got this from. thanks a lot

    Here is my blog - natural breast enlargement pills

    ReplyDelete
  94. Hеllo, this weеkend is gooԁ in
    fаvoг оf me, sіnce this timе i
    аm reaԁing thіs еnormouѕ infοrmаtivе paгagraph hеre at my house.


    my blοg; reputation management

    ReplyDelete
  95. Ini adalah kesempatan bagus dibawa ke anda oleh perusahaan pinjaman Starla. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk tujuan apapun? Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 3% dan proses pinjaman membutuhkan waktu 2 hari dari aplikasi untuk pendanaan. Hubungi kami sekarang melalui email: starlaloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  96. `Nama saya Yura Wibawa, warga negara Indonesia saat ini bekerja di kerajaan bersatu, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang yang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena mereka di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial turun, dan karena utang saya, keputusasaan dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman disebutkan online. Aku tidak kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs Clara Alderman yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar $ 38.000 pada 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai aku melihat angsuran pertama saya waspada 3 jam setelah saya diterapkan dan mengikuti instruksi. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Clara via: claraloans@financier.com atau hubungi mereka di +447045730449
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: Yurawibawa@gmail.com

    ReplyDelete
  97. Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 10.000 Euro dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke rekening mereka.

    ReplyDelete
  98. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com

    ReplyDelete
  99. Saya sesama Indonesia, saya akhirnya membawa berita tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya. saya membutuhkan mendalam uang booming bisnis saya saya pergi ke bank dan proses itu terlalu banyak bagi saya saya hampir menjadi fraustrated. saya di internet satu hari yang setia ketika saya melihat posting dari seseorang mengatakan bagaimana dia mendapatkan dia dari pemberi pinjaman kredit saya pergi ke dia, memintanya untuk memberikan rincian tentang bagaimana dia mendapat pinjaman nya. saya ingin memastikan karena saya telah ditipu di internet dua kali oleh beberapa perusahaan pinjaman tapi dia memberi saya jaminan dan mengatakan kepada saya untuk mencoba keberuntungan saya ia kemudian memberi saya pinjaman mengatasi alyasaadaburahlenders@gmail.com. Aku pergi ke pemberi pinjaman mereka memberi saya membentuk mengisi kemudian yang saya lakukan setelah ditetapkan dan dilakukan dia untuk saya sangat mengejutkan para kreditur memberi saya pinjaman saya karena saya sekarang saya seorang wanita bisnis.
    berkat Alyasaa Daburah Lender

    ReplyDelete
  100. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  101. We wish to inform the general public that CAPITALSOURCE FINANCE LLC is currently giving out loan at interest rate of
    5%, We offer loans to commercial and private bodies ranging from
    $1,000 to the maximum of $15,000,000 within the periods of 1 to 25
    years, We offer loan at low interest rate and with no credit check, we
    offer Personal loans, debt consolidation loans, venture capital,
    business loans, education loans, home loans or "loans for any
    reason!However, Our method, offers you the chance to state the amount
    of loan needed and also the duration you can afford, We are well
    certified and registered, Our loans are well insured for maximum
    security which is our great priority,

    Contact us via our email: capitalsourcefinancellny@gmail.com
    you can call on +1 (518) 841-1788. +1 (415) 562-0740 and add up on whatsapp +19495231457
    Thank you

    ReplyDelete
  102. Assalamualaikum


    Calls Only::::{+16264653418}
    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    ReplyDelete
  103. Nama saya Yodika Roni, saya pemilik bisnis dan saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena banyak pemberi pinjaman Internet di sini palsu dan mereka hanya berbagi cerita untuk mencuri uang Anda. Bisnis saya menderita karena saya tidak punya uang untuk berinvestasi untuk membuat bisnis saya besar sehingga saya dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan dan juga memiliki cabang lain. Jadi, saya memutuskan untuk pergi ke bank saya untuk meminta pinjaman tetapi saya ditolak karena saya tidak memiliki jaminan yang diperlukan bank.
                   Jadi, saya akan melalui internet dan saya melihat begitu banyak cerita bagus tentang bagaimana mereka mendapat pinjaman dan mereka memasukkan email untuk dihubungi, jadi, saya memutuskan untuk mencoba jika saya dapat meminjam dari mereka dan saya menghubungi salah satunya. Saya diminta untuk mengirimkan semua dokumen saya dan mereka meminta saya membayar untuk menerima pinjaman, saya membayar total Rp14.000.000 dan saya tidak menerima pinjaman. Dan begitulah hidup saya berubah dari buruk menjadi yang terburuk. bisnis saya berada di garis hancur dan saya berpikir untuk mengambil hidup saya karena tidak ada yang menarik minat saya lagi.

    Tetapi dalam semua yang terjadi pada saya, saya masih berdoa kepada Allah untuk menyelamatkan saya dari masalah ini yang saya telah menempatkan diri ke dalam, saya berdoa kepada Allah setiap hari karena hanya Allah sendiri yang dapat mengubah situasi saya.
    Minggu lalu hari Senin, setelah saya melaporkan apa yang terjadi pada saya kepada polisi, saya pergi untuk memeriksa situs web di mana saya melihat pos wanita yang mencuri uang saya, saya melihat sebuah pos oleh Ny. Sarah Ward yang mengatakan bahwa setiap perusahaan pinjaman tanpa situs web perusahaan legal adalah palsu dan mereka bukan pemberi pinjaman. Saat itulah saya menyadari bahwa saya yang membuat kesalahan dan saya seharusnya tidak menghubungi wanita yang mencuri uang saya atas nama perusahaan pinjaman karena mereka tidak memiliki situs web, itu hanya email yang saya lihat.

                 Jadi, saya memutuskan untuk mengunjungi situs web pos oleh Ny. Sarah Ward yaitu: www.24hoursfinance.org
    Saya memeriksa situs web dan saya menemukan bahwa itu nyata, jadi, saya mengajukan pinjaman dari perusahaan dan mereka mengirimi saya syarat yang saya setujui. Setelah persetujuan pinjaman saya, saya diminta untuk mengirimkan rincian bank saya yang saya lakukan. Saya baru saja di rumah saya dan saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan pinjaman saya. Saya sangat bahagia dan saya berjanji kepada Allah bahwa saya harus mengambil waktu saya untuk membagikan cerita ini sehingga orang lain dapat diselamatkan dari tangan para lender yang buruk itu.
    Saya ingin Anda yang membaca cerita saya untuk menghubungi 24HOURSFINANCE jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda tidak akan kehilangan uang Anda kepada para pencuri itu. .
                      Jadi, saya menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang dari Indonesia dan negara lain yang tepat untuk membaca cerita saya dan dia perlu pinjaman untuk menghubungi 24HOURSFINANCE Situs web melalui: www.24hoursfinance.org
    Anda masih dapat menghubungi mereka melalui email: 24hoursfinance.org@gmail.com
    Anda dapat Menghubungi mereka di Whatsapp melalui: +1 (929) 251-1654

     jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut dari saya, maka jangan ragu untuk menghubungi saya melalui Email: yodikaroni@gmail.com
    Sekali lagi terima kasih atas semua telah membaca ceritaku, dan tolong bagikan ceritamu setelah menerima pinjamanmu dari 24HOURSFINANCE sehingga orang lain dapat diselamatkan dari tangan para pemberi pinjaman jahat itu dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. JANGAN PERCAYA DENGAN TESTIMONI 24HOURSFINANCE, SEMUA PENIPU ULUNG DASAR ORANG NEGRO BISANYA CUMA NIPU, IBU SARAH WARD ITU PENIPU KELAS WAHID... POKOKNYA JANGAN PERCAYA YANG DITULIS ORANG INDONESIA ITU SETTINGAN

      Delete
  104. Nama saya Yodika Roni, saya pemilik bisnis dan saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena banyak pemberi pinjaman Internet di sini palsu dan mereka hanya berbagi cerita untuk mencuri uang Anda. Bisnis saya menderita karena saya tidak punya uang untuk berinvestasi untuk membuat bisnis saya besar sehingga saya dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan dan juga memiliki cabang lain. Jadi, saya memutuskan untuk pergi ke bank saya untuk meminta pinjaman tetapi saya ditolak karena saya tidak memiliki jaminan yang diperlukan bank.
                      Jadi, saya akan melalui internet dan saya melihat begitu banyak cerita bagus tentang bagaimana mereka mendapat pinjaman dan mereka memasukkan email untuk dihubungi, jadi, saya memutuskan untuk mencoba jika saya dapat meminjam dari mereka dan saya menghubungi salah satunya. Saya diminta untuk mengirimkan semua dokumen saya dan mereka meminta saya membayar untuk menerima pinjaman, saya membayar total Rp14.000.000 dan saya tidak menerima pinjaman. Dan begitulah hidup saya berubah dari buruk menjadi yang terburuk. bisnis saya berada di garis hancur dan saya berpikir untuk mengambil hidup saya karena tidak ada yang menarik minat saya lagi.

    Tetapi dalam semua yang terjadi pada saya, saya masih berdoa kepada Allah untuk menyelamatkan saya dari masalah ini yang saya telah menempatkan diri ke dalam, saya berdoa kepada Allah setiap hari karena hanya Allah sendiri yang dapat mengubah situasi saya.
    Minggu lalu hari Senin, setelah saya melaporkan apa yang terjadi pada saya kepada polisi, saya pergi untuk memeriksa situs web di mana saya melihat pos wanita yang mencuri uang saya, saya melihat sebuah pos oleh Ny. Sarah Ward yang mengatakan bahwa setiap perusahaan pinjaman tanpa situs web perusahaan legal adalah palsu dan mereka bukan pemberi pinjaman. Saat itulah saya menyadari bahwa saya yang membuat kesalahan dan saya seharusnya tidak menghubungi wanita yang mencuri uang saya atas nama perusahaan pinjaman karena mereka tidak memiliki situs web, itu hanya email yang saya lihat.

    Jadi, saya memutuskan untuk mengunjungi situs web pos oleh Ny. Sarah Ward yaitu: www.24hoursfinance.org
    Saya memeriksa situs web dan saya menemukan bahwa itu nyata, jadi, saya mengajukan pinjaman dari perusahaan dan mereka mengirimi saya syarat yang saya setujui. Setelah persetujuan pinjaman saya, saya diminta untuk mengirimkan rincian bank saya yang saya lakukan. Saya baru saja di rumah saya dan saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan pinjaman saya. Saya sangat bahagia dan saya berjanji kepada Allah bahwa saya harus mengambil waktu saya untuk membagikan cerita ini sehingga orang lain dapat diselamatkan dari tangan para lender yang buruk itu.
    Saya ingin Anda yang membaca cerita saya untuk menghubungi 24HOURSFINANCE jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda tidak akan kehilangan uang Anda kepada para pencuri itu. .
                     Jadi, saya menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang dari Indonesia dan negara lain yang tepat untuk membaca cerita saya dan dia perlu pinjaman untuk menghubungi 24HOURSFINANCE Situs web melalui: www.24hoursfinance.org
    Anda masih dapat menghubungi mereka melalui email: 24hoursfinance.org@gmail.com
    Anda dapat Menghubungi mereka di Whatsapp melalui: +1 (929) 251-1654

     jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut dari saya, maka jangan ragu untuk menghubungi saya melalui Email: yodikaroni@gmail.com
    Sekali lagi terima kasih atas semua telah membaca ceritaku, dan tolong bagikan ceritamu setelah menerima pinjamanmu dari 24HOURSFINANCE sehingga orang lain dapat diselamatkan dari tangan para pemberi pinjaman jahat itu dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. JANGAN PERCAYA DENGAN TESTIMONI 24HOURSFINANCE, SEMUA PENIPU ULUNG DASAR ORANG NEGRO BISANYA CUMA NIPU, IBU SARAH WARD ITU PENIPU KELAS WAHID... POKOKNYA JANGAN PERCAYA YANG DITULIS ORANG INDONESIA ITU SETTINGAN

      Delete
  105. Apakah Anda membutuhkan Pinjaman? Apakah Anda memiliki masalah keuangan? Kami adalah Peminjam Pinjaman swasta bersertifikat yang berbasis di Amerika Serikat. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai bisnis atau membayar tagihan Anda? Kami dapat memenuhi kebutuhan keuangan Anda. kami memberikan Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Bisnis e.t.c. apa keadaan Anda, wiraswasta, pensiun, memiliki peringkat kredit yang lemah, kami dapat membantu. Pembayaran fleksibel lebih dari 1 hingga 20 tahun. Kami juga menawarkan semua jenis Pinjaman.

    Apply Now By Email: capitalsourcefinancellny@gmail.com

    ReplyDelete
  106. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  107. Kami menawarkan pelbagai perkhidmatan kewangan yang meliputi: Perancangan Perniagaan, Perdagangan dan Pembangunan Kewangan, Hartanah dan Gadai Janji, Pinjaman Penyatuan Hutang, Pinjaman Perniagaan, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Semula Rumah dengan kadar faedah yang rendah pada 1.00% setiap tahun untuk individu, syarikat dan badan korporat. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga anda dan memiliki rumah impian anda serta skim Pinjaman Umum kami. Pemohon yang berminat harus menghubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
    WhatsApp Only :: {33753893351}
    E-mel: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. JANGAN PERCAYA DENGAN TESTIMONI SEMUA PENIPU ULUNG DASAR ORANG NEGRO BISANYA CUMA NIPU,POKOKNYA JANGAN PERCAYA YANG DITULIS ORANG INDONESIA ITU SETTINGAN

      Delete
  108. Halo semua, saya Liza Teddy dari Indonesia silahkan saya saran Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di setiap perusahaan pinjaman atau kreditur di situs ini, tidak mengisi setiap perusahaan pinjaman di situs ini semua orang di sini adalah palsu, Penipu dan curang, bahkan beberapa kesaksian di sini semua palsu, mereka adalah orang-orang yang sama melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh sebuah tertipu, saya telah ditipu 5 kali dari sekitar Rp82 juta untuk semacam biaya transfer, Pajak, Asuransi dan semua, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, sebaliknya mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi. Tapi Allah begitu bersyukur bahwa saya kemudian mendapat pinjaman dari Perusahaan yang teman saya bekerja di Arab Saudi, (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN Firma), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang memiliki telah scammed, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman lebih baik pergi ke perusahaan di Arab Saudi atau jika Anda memiliki teman kemudian memberitahu mereka untuk membantu Anda dalam menghubungi mereka untuk pinjaman oke, yang sangat sederhana untuk mendapatkan dan hanya 1% tanpa agunan . Ini adalah email mereka (aasimahaadilaahmed.loanfirm@ gmail.com) Anda dapat menghubungi mereka baik-baik saja hanya dengan Aplikasi Anda dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda kurang dari 1 jam, cepat dan Genuine saya melakukan semua ini untuk membantu negara saya dari penipuan, saya email adalah teddyliza2020@gmail.com hubungi saya untuk info lebih lanjut, saya bersedia untuk membantu
    Tuhan memberkati kalian semua

    ReplyDelete
  109. Hari yang baik,
      Saya faham bahawa anda sangat berminat untuk mendapatkan pinjaman segera di internet,
    GLOBAL FINANCE LIMITED adalah sekumpulan syarikat yang menawarkan pinjaman kepada individu di seluruh dunia dengan kadar faedah yang berpatutan, dan saya ingin anda tahu bahawa GLOBAL FINANCE LIMITED akan melakukan apa yang tidak boleh dilakukan oleh syarikat lain untuk anda.

    Saya minta maaf atas apa yang telah anda alami sebelum ini, menjangkakan bahawa salah satu masalah di tangan peminjam palsu, di sini memberi jaminan kepada anda 100% bahawa GLOBAL FINANCE LIMITED adalah syarikat yang handal saat ini menyiapkan skema dalam bentuk pemerolehan Pinjaman untuk membantu pelbagai individu dan organisasi yang mempunyai niat untuk mengubah suai, hutang?

      Adakah anda memerlukan pinjaman kecemasan untuk membayar hutang anda, atau Adakah anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan perniagaan anda? Adakah anda telah ditolak oleh bank dan institusi kewangan lain? Adakah anda memerlukan penyatuan atau pinjaman gadai janji? Puan Augusta Ibramhim Ketua Pegawai Eksekutif GLOBAL FINANCE LIMITED dia seorang wanita perniagaan antarabangsa dan Pemberi Pinjaman yang menawarkan rekod prestasi Pinjaman. Saya juga ingin anda tahu bahawa GLOBAL FINANCE LIMITED tidak pernah terlibat dalam sebarang aktiviti penipuan.

    Nama saya Julia Simon, saya menjadi mangsa penipuan di tangan peminjam palsu. Saya telah kehilangan kira-kira $ 45,000,00 kerana saya memerlukan modal besar $ 180,000,00. Saya hampir mati, saya tidak mempunyai tempat untuk pergi. Perniagaan saya telah musnah dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Saya tidak dapat berdiri lagi.

    Pada bulan Disember 2017, kawan saya memperkenalkan saya kepada ibu yang baik, Puan Augusta Ibramhim, yang pada akhirnya membantu saya memperoleh pinjaman dalam sebuah syarikat pinjaman di mana dia bekerja. Ibu Augusta Ibramhim,

    Saya ingin menggunakan peluang ini untuk mengucapkan terima kasih kepada Puan Augusta Ibramhim, dan semoga Tuhan terus memberkati Puan Augusta Ibramhim, ketika saya menghubungi ibu Puan Augusta Ibramhim, saya sangat gembira saya mendapat pinjaman saya berjaya ke dalam akaun saya dengan hanya ( Bayaran permohonan pinjaman saya)

    jadi saya memutuskan untuk berkongsi kesaksian saya untuk membantu orang lain di sini untuk mendapatkan pinjaman mereka, anda boleh menghubungi Puan Augusta Ibramhim melalui EMAIL: augustaibramhim11@gmail.com

    Saya juga ingin menggunakan peluang ini untuk memberi nasihat kepada semua rakyat Malaysia bahawa terdapat banyak penipu di sana, jadi jika anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Puan Augusta Ibramhim,

    dan anda boleh menghubunginya melalui e-mel: (augustaibramhim11@gmail.com).
     Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: (juliasimon460@gmail.com). jika anda mempunyai sebarang keraguan. sila dia satu-satunya orang yang boleh dipercayai dan boleh dipercayai.

    ReplyDelete
  110. Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Keuangan Komersial dan Pengembangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pembiayaan Rumah dengan tingkat bunga rendah sebesar 1,00% per annul untuk perorangan, perusahaan dan badan perusahaan. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Menghubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
    WhatsApp Only :: {+ 33753893351}
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    ReplyDelete
  111. Selamat siang

    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC

    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    ReplyDelete
  112. Nama saya Fatma Wati, saya ingin menggunakan medium ini untuk menasihati semua orang supaya berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet kerana begitu banyak peminjam internet di sini adalah semua penipu dan mereka hanya berkongsi cerita untuk menipu wang anda, saya memohon pinjaman sebesar Rp45,000,000,00 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlah sebesar Rp8.000.000,00 tanpa mendapat pinjaman,

    Pada tarikh 27 September, 2018, kawan saya DIANA JAMES di tempat kerja saya memberitahu saya bagaimana dia memohon pinjaman daripada GLOBAL FINANCE LIMITED dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah mempercayainya sehingga saya pergi bersamanya ke bank untuk mengesahkannya dan saya kagum kerana saya telah kehilangan banyak wang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga Tuhan memberkati Puan Augusta Ibramim yang baik untuk apa yang dia lakukan kepada saya dan keluarga saya, saya memberitahu kawan saya untuk memperkenalkan saya kepada ibu yang baik. Augusta Ibramhim, GLOBAL FINANCE LIMITED, dia dan saya memohon pinjaman sebanyak Rp180,000,000,00.
    Saya mematuhi terma dan syarat pinjaman syarikat dan permohonan pinjaman saya diluluskan untuk saya tanpa tekanan dan kesukaran.

    Akhirnya, saya menerima pinjaman dalam akaun bank saya dan saya memanggil rakan saya DIANA JAMES bahawa saya telah menerima pinjaman dan saya juga telah memperkenalkan begitu banyak orang kepada ibu yang baik Puan Augusta Ibramhim.
    Saya mahu anda yang membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika anda memerlukan pinjaman supaya anda juga akan memberi keterangan mengenai muhibah ibu yang baik.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memaklumkan setiap orang Indonesia dan orang lain yang sesuai untuk membaca kesaksian saya dan dia memerlukan pinjaman untuk dihubungi
    Puan Augusta Ibramhim melalui EMAIL: (augustaibramhim11@gmail.com)
    Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut melalui EMAIL: fatmawati111m@gmail.com
    Anda juga boleh menghubungi rakan saya DIANA JAMES melalui EMAILnya: dianajames111m@gmail.com

    sekali lagi terima kasih semua kerana membaca kesaksian saya, dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita hidup dan kemakmuran.

    ReplyDelete
  113. Saya Widya Tarmuji, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan beberapa dari kata-kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi, Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman curang di internet, tetapi mereka sangat asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban 6 kreditor pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya, kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang kredibel, TRACYMORGANLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman Rp. 800.000.000 dari TRACYMORGANLOANFIRM dengan tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi MRS melalui email: (TRACYMORGANLOANFIRM@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (widyatarmuji@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Tn. Tonimark, email: (Tonimark28@gmail.com). Apa yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya tidak pernah dipenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sebagaimana disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik Tuhan melalui TRACYMORGANLOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  114. Apakah Anda memerlukan keuangan cepat dengan A.P.R yang relatif rendah? Kami menawarkan keuangan bisnis, keuangan pribadi, keuangan rumah, pembiayaan mobil, keuangan pelajar, keuangan konsolidasi utang, e.t.c. tidak peduli skor kredit Anda. Kami dijamin memberikan layanan keuangan kepada banyak klien kami di seluruh dunia. Dengan paket pinjaman fleksibel kami, keuangan dapat diproses dan ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin, hubungi spesialis kami untuk saran dan perencanaan keuangan.

    Regards:
    Company: RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS
    email: (ramadhanislamiyatloans@gmail.com)
    PIN BB: (e32ddf1e)
    WhatsApp:(+447454810709)
    Blogger: (ramadhanislamiyatloanz.blogspot.com)
    Mother: Anita Ervina (CEO)

    ReplyDelete
  115. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  116. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
                           : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

               TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
       Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    ReplyDelete
  117. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  118. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

     Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    ReplyDelete
  119. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  120. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

    Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.
    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: nurliananovi96@gmail.com

    ReplyDelete
  121. Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti, seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan banyak negara, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya segera ingin menggunakan media ini untuk seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman internet. Sangat hati-hati - Hati-hati jangan sampai jatuh ke tangan scammer dan penipu, ada banyak kreditor kredit palsu di sini di internet dan beberapa di usaha asli dan nyata,

    Saya ingin memberikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH menuntun saya ke pemberi pinjaman nyata dan dana pinjaman nyata telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya dibodohi oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit online asli yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapat Pinjaman online, kami meresmikan masalah ini dan dia menceritakan kisah tentang seorang wanita bernama Ny. ELINA JOHNSON yang adalah CEO ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN.

    Jadi saya dan suami saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp 1.000.000.000) dengan suku bunga rendah 2%, tidak mengurus usia saya, karena saya mengatakan apa yang ingin saya bangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tidak ada stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang saya setorkan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com

    Itu tidak berakhir di sana ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda tentang cara berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut dalam hidup Anda lagi.
    Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu saya melakukan ini saya berdoa semoga ALLAH memberkatinya untuk hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com ..

    ReplyDelete
  122. Halo
    orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga negara INDONESIA tetapi saya tinggal di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya menuntun saya pada pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ny. Nurliana Novi, pemberi pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN, setelah saya scammed oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus percaya, kemudian dia datang dan tersenyum lebar di wajah saya dalam kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya telah melihatnya dan saya bagian dari pengalaman, hari ini hidupku mendapat giliran baru terima kasih kepada ibu Elina, ya kamu mungkin takut karena kesaksian palsu yang kamu dengar tapi aku saksi dan jika aku berbohong mungkin ALLAH mengambil nyawaku, orang-orangku di sana jika kamu mau pinjaman murni dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percayai,

    Nyonya Elina Johnson dari SEMUA PINJAMAN SEMUA GRANT ELINA JOHNSON hanya menghubunginya hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »atau WHATAPP ON (+2348147739239) untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut ; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara mengajukan pinjaman dari Mrs. Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH dipuji.

    ReplyDelete
  123. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    ReplyDelete
  124. JANGAN PERCAYA DENGAN TESTIMONI 24HOURSFINANCE, SEMUA PENIPU ULUNG DASAR ORANG NEGRO BISANYA CUMA NIPU, IBU SARAH WARD ITU PENIPU KELAS WAHID... POKOKNYA JANGAN PERCAYA YANG DITULIS ORANG INDONESIA ITU SETTINGAN

    ReplyDelete
  125. JANGAN PERCAYA DENGAN TESTIMONI 24HOURSFINANCE, SEMUA PENIPU ULUNG DASAR ORANG NEGRO BISANYA CUMA NIPU, IBU SARAH WARD ITU PENIPU KELAS WAHID... POKOKNYA JANGAN PERCAYA YANG DITULIS ORANG INDONESIA ITU SETTINGAN

    ReplyDelete
  126. Nama saya Siti Maria, dari Indonesia. Saya menghubungi Ny. RIKA ANDERON PINJAMAN DAN PERUSAHAAN INVESTASI BITCOIN untuk bisnis dengan jumlah pinjaman tanpa jaminan $ 10.000. Kemudian saya diberitahu tentang langkah menyetujui jumlah pinjaman yang saya minta, setelah mengambil risiko lagi karena saya sangat ingin mendirikan usaha untuk kejutan terbesar, jumlah pinjaman disetujui dan dikreditkan ke rekening bank saya dalam 7 jam perbankan tanpa ada tekanan mendapatkan pinjaman saya. Saya terkejut karena saya pertama kali menjadi korban penipuan! Jika Anda tertarik untuk mendapatkan jumlah pinjaman tanpa jaminan & Anda berada di negara mana pun, saya akan menyarankan Anda dapat menghubungi RIKA ANDERSON PINJAMAN DAN PERUSAHAAN INVESTASI BITCOIN melalui Email rikaandersonloancompany@gmail.com
    untuk pertanyaan dan penjelasan Whatsapp +1 (323) 689-3663
    Siti: mariasity62@gmail.com

    ReplyDelete
  127. "wa-Alaikumussalam wa-Rahmatullah,"
                                   CERITA KEHIDUPAN BENAR

    Saya terkenal sebagai Mikhail Irfan Aqil seorang bapa, suami, saudara lelaki dan rakan saya dari (Putrajaya) Malaysia dan saya telah mengalami banyak tekanan kewangan dan tidak ada yang dapat meminjam wang saya untuk menyelesaikan projek perniagaan saya bermula beberapa bulan lalu . Saya telah ditipu oleh beberapa agen palsu yang mendakwa mereka dapat membekalkan saya dengan bahan mentah untuk pengeluaran

    Saya menjadi fraustrasi dan jika tidak untuk isteri saya, saya akan melakukan perbuatan bunuh diri kerana kesakitan itu terlalu banyak dan semua harapan hilang yang membuat saya mula hidup dari awal lagi dan ia tidak mudah sehingga saya bertemu ONE BILION RISING FUND sebuah syarikat pinjaman

    Saya memutuskan untuk memohon pinjaman selepas saya menghubungi penguji syarikat yang sebenarnya memberi saya harapan dan memberitahu saya tidak takut bahawa syarikat itu akan meminjamkan wang saya selagi saya boleh memberikan mereka requiremet yang merupakan beberapa maklumat peribadi dan saya lakukan jadi selepas saya melalui semua proses yang mereka meminjamkan wang mereka kemudian memberitahu saya bahawa saya telah dijumpai layak untuk pinjaman dan diminta untuk menunggu dan kejutan saya geatest saya mendapat dikreditkan dan ini membuat hidup saya lebih baik hidup dan dan sangat berterima kasih kepada Allah, Isteri saya dan kepada

    ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL "" "" "onebillionrisingfund@gmail.com

                          UNTUK MENGHUBUNGI AKU
    Mikhail Irfan Aqil
    mikhailirfanaqil@gmail.com
    IG :: Mikhail Irfan
    RM::100.000.00
    TEL::+60142260128

    ReplyDelete
  128. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: + 1-585-326-2165 untuk Anda pinjaman

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com

    ReplyDelete
  129. Nama saya RINIE DEBRIS, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak peminjam Internet di sini semuanya penipu dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya melamar pinjaman sebesar Rp200.000.000,00 dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan jumlah Rp10.000.000,00 tanpa mendapatkan pinjaman,
    Anda juga dapat dengan cepat menghubungi Mrs.: MARIA GABRIELA via
    Nomor WhatsApp: +971523347829

    Pada tanggal 27 JUNI 2017, teman saya JULIA SIMON di tempat kerja saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari TRUST FUND LOAN FIRM dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Anda juga dapat dengan cepat menghubungi Mrs: MARIA GABRIELA via
    Nomor WhatsApp: +971523347829

    Saya tidak pernah percaya dia sampai saya pergi dengannya ke bank untuk mengkonfirmasikannya dan saya kagum karena saya kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga Tuhan memberkati Nyonya Yang Baik Nyonya MARIA GABRIELA atas apa yang dia lakukan pada saya dan rumah tangga saya, saya memberi tahu teman saya untuk memperkenalkan saya kepada ibu yang baik. MARIA GABRIELA, TRUST FUND LOAN FIRM, dia dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000,00.
    Saya mematuhi persyaratan dan ketentuan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.
    Anda juga dapat dengan cepat menghubungi Mrs.: MARIA GABRIELA via
    Nomor WhatsApp: +971523347829

    Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menelepon teman saya JULIA SIMON bahwa saya telah menerima pinjaman dan saya juga telah memperkenalkan begitu banyak orang kepada ibu yang baik Nyonya MARIA GABRIELA,
    Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu yang baik itu. Anda juga dapat dengan cepat menghubungi Mrs.: MARIA GABRIELA via
    Nomor WhatsApp: +971523347829

    Jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang tepat untuk membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Madam MARIA GABRIELA melalui EMAIL (mariagabrielam11g@gmail.com)
    Anda juga dapat dengan cepat menghubungi Mrs.: MARIA GABRIELA via
    Nomor WhatsApp: +971523347829

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: riniedebrisam11y@gmail.com Anda juga dapat menghubungi teman saya JULIA SIMON melalui EMAIL-nya: juliasimon@gmail.com
    Anda juga dapat dengan cepat menghubungi Mrs.: MARIA GABRIELA via
    Nomor WhatsApp: +971523347829

    sekali lagi terima kasih semua telah membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    ReplyDelete
  130. "Assalaamu 'Alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh"

    ISKANDAR LENDERS"::Apakah Anda menjadi real estat, apakah Anda seorang influencer, dan Anda memerlukan uang untuk meningkatkan bisnis Anda, sejauh mana Anda melangkah dengan status keuangan Anda dan seberapa yakin Anda dengan masa depan finansial, kami juga memiliki pinjaman untuk tagihan rumah sakit , pinjaman untuk pinjaman insinyur teknologi tinggi untuk proyek mulai dari pinjaman miliaran untuk keluarga, semua ini dan banyak lagi<< >>
    {Kantor Indonesia}
    ☎::::::::::::>+62 822-7404-5059
    W/A :::::::>+62 822-7404-5059
    e_mail::::::[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    ReplyDelete
  131. Negara::::::[Malaysia]
    Nama:::::[Merissa Ahmed]
    Amaun Pinjaman::::[RM 450k.
    Bandar:::::::::::::::::::[Kuala Lumpur]
    WhatsApp::::::::::::::::::::[+60177807471]
    e_mail:::::::::::[merissaahmed11@gmail.com]
    Alamat:::::[Jalan-Bukit Bintang Plaza, Jalan Bukit Bintang]


    Nama saya Merissa, seorang ibu kepada dua anak saya dari Malaysia dan saya telah berada di Malaysia selama bertahun-tahun dan sehingga saat ini kesaksian ini saya masih berada di Malaysia. Salah satu masalah utama yang pernah saya hadapi dengan perniagaan saya ialah masalah kewangan dan pembiayaan semula dan ini menyebabkan saya mencari pinjaman dan akibatnya saya menjadi mangsa 2 pemberi pinjaman fiktif dan ini sebenarnya membuat saya trauma sampai tahap tertentu tetapi saya tidak pernah putus asa sehingga saya melalui blog dan juga media lain saya mempunyai peluang untuk menemui [DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY] pada awalnya saya berasa takut dan sangat skeptikal mengenainya, tetapi saya harus mengambil risiko satu kali yang akhirnya membawa kepada kebebasan kewangan saya. Saya benar-benar memohon pinjaman sebanyak [RM 450K] dalam masa 24 jam proses pembayaran berjaya dilakukan. Keseluruhan proses ini boleh dipercayai dengan jujur ​​dan boleh dipercayai, jadi jangan takut dengan pinjaman dalam talian hubungi [DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY] untuk mendapatkan pinjaman yang boleh dipercayai @ kadar faedah yang sangat rendah Anda boleh menghubungi mereka melalui alamat e-mel di bawah::
    [financialserviceauthority400@gmail.com]
    Atau jika anda ingin membuat lebih banyak pertanyaan, anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel ini: [merissaahmed11@gmail.com]


    Negara::::::[Malaysia]
    Nama:::::[Merissa Ahmed]
    Amaun Pinjaman::::[RM 450k.
    Bandar:::::::::::::::::::[Kuala Lumpur]
    WhatsApp::::::::::::::::::::[+60177807471]
    e_mail:::::::::::[merissaahmed11@gmail.com]
    Alamat:::::[Jalan-Bukit Bintang Plaza, Jalan Bukit Bintang]

    ReplyDelete

tulisan yang nyambung